Aneka Makanan Seblak Terkenal di Indonesia yang Menggugah Selera

Dengan semakin populernya aneka makanan pinggir jalan harus diakui membuat berbagai makanan Indonesia semakin diminati masyarakat. Salah satunya adalah makanan seblak terkenal di Indonesia dengan cita rasanya yang pedas dan gurih. Bahkan tidak bisa dipungkiri berkat kepopuleran seblak jugalah yang membuat tren makanan pedas semakin digemari generasi muda.

Jenis-Jenis Seblak

Seblak sebenarnya merupakan makanan pinggir jalan yang sudah dikenal sejak lama. Makanan ini bisa dikatakan unik karena menggunakan kerupuk yang direndam hingga lunak. Kerupuk yang digunakan juga bervariasi namun yang paling terkenal adalah kerupuk oren yang kenyal dan gurih.

Meskipun biasanya seblak dimakan dengan kuah kental yang menggoda namun ternyata seblak sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu seblak kering dan seblak basah. Sesuai namanya, seblak kering merupakan kerupuk dengan cita rasa pedas menggoda selera. namun, keberadaannya cukup jarang ditemukan di pasaran.

Sementara itu, seblak basah merupakan jenis seblak yang umum Anda jumpai sehari-hari. Seblak basah ini sudah memiliki banyak variasi yang jumlahnya sudah tidak bisa dihitung. Oleh sebab itu, seblak basah menjadi jenis seblak yang paling disukai masyarakat.

Baca juga : 3 Jenis Kuliner Ayam yang Khas dan Paling Dicari

Contoh Seblak Kekinian Terpopuler

Di Indonesia khususnya di Jawa Barat saat ini sudah banyak dikembangkan seblak dengan berbagai variasi topping. Bahkan, ada yang menggabungkannya dengan makanan khas negara lain agar bisa menghasilkan rasa baru. Namun, diantara banyaknya seblak yang ada di pasar terdapat beberapa seblak yang populer dan sangat disukai masyarakat. Berikut contohnya.

  1. Seblak jeletet

Seblak ini bisa dikatakan sebagai pelopor seblak kekinian di tanah air. Dengan campuran kuah yang pedas gurih serta isian yang sangat beragam membuat seblak ini sangat digemari khususnya oleh masyarakat Jakarta.

Hal yang membedakan seblak ini dari seblak lain pada awalnya adalah tingkat kepedasan yang dimilikinya. Seblak jeletet memiliki tingkat kepedasan mulai dari 0 hingga level 10 yang dijamin bisa membuat Anda pencinta makanan pedas akan terpuaskan.

  1. Seblak ceker

Seblak satu ini sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan seblak pada umumnya. Namun, penggunaan ceker ayam membuat seblak ini disukai. Cita rasa gurih, pedas dan kenyal dari ceker membuat seblak ceker sangat diminati masyarakat.

  1. Seblak mi sosis

Seblak ini sepertinya terinspirasi dari masyarakat Indonesia yang sering sekali mengkonsumsi mi instan serta sosis. Selain dinilai mengenyangkan, jika dibandingkan dengan seblak bisa maka seblak mie ini bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Kandungan karbohidrat pada mi serta protein pada sosis membuat makanan ini cocok dijadikan ide usaha.

  1. Seblak panggang dengan keju

Inovasi seblak panggang bisa dikatakan merupakan yang paling baru dan belum banyak ditemukan di pasaran. Sama seperti namanya, seblak ini dipanggang menggunakan keju (biasanya mozarella) agar menghasilkan cita rasa yang creamy, gurih dan lezat.

Karena makanan ini belum banyak ditemukan maka seblak panggang ini bisa dijadikan salah satu inspirasi usaha. Hal ini dikarenakan proses pembuatan tanya sebenarnya tidak terlalu sulit. Oleh seban itu, Anda pasti bisa membuatnya.

  1. Seblak Fusilli

Bagi yang belum tahu, Fusilli merupakan salah satu jenis pasta yang berukuran pendek. Jika biasanya seblak dicampur dengan makaroni, kerupuk dan bahan lainnya maka Anda bisa menggunakan fusilli ini sebagai salah satu bahan penggantinya.

Baca juga : 8 Jenis Masakan Sunda Terlezat yang Membuat Perut Lapar

Hal ini dikarenakan tekstur pasta satu ini sangat kenyal dan berbeda dengan pasta lain sehingga dijamin memberikan sensasi makan yang berbeda. Bentuknya yang bergerigi membuatnya lebih banyak menyerap kuah seblak sehingga cocok dijadikan camilan bagi para pecinta pedas.

Meskipun seblak memiliki banyak variasi topping tapi hal tersebut justru membuatnya semakin disukai. Makanan seblak terkenal di Indonesia biasanya memiliki cita rasa yang sangat pedas dan topping campuran yang banyak. Topping tersebutlah yang membuat rasa tiap seblak cukup berbeda dibandingkan dengan makanan Sunda lainnya dan tetap diminati hingga sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.