Deretan Jajanan Tradisional Kekinian Menggugah Selera

Jika dulu makanan tradisional terutama jajanan kurang dilirik oleh generasi muda tanah air maka berbeda dengan saat ini. Dengan semakin populernya tren jajanan tradisional kekinian di internet membuat makanan ini seolah “naik kelas”. Jajanan yang dulu tampil sederhana dan dijual di pinggir jalan kini mulai dihidangkan di cafe-cafe ngehits.

Berkembangnya Tren Jajanan Kekinian

Tidak dapat dipungkiri, tren jajanan kekinian mulai berkembang seiring dengan semakin besarnya pengguna media sosial di Indonesia. Selain itu, munculnya tren wisata kuliner dan keberadaan food blogger atau vlogger mau tidak mau membuat makanan tradisional semakin populer dan disukai masyarakat.

Dengan meningkatnya minat masyarakat maka hal tersebut jelas membuka peluang bisnis baru yang mudah ditangkap oleh para pengusaha kuliner. Dengan semakin mudahnya akses informasi membuat berbagai inovasi yang dilakukan oleh pengusaha kuliner cepat viral di masyarakat. Hal inilah yang kemudian semakin membuat inovasi jajanan tradisional semakin banyak ditemukan.

Contoh Jajanan Kekinian Favorit Masyarakat

Diantara berbagai jajanan kekinian yang viral di Indonesia ternyata sebenarnya banyak diantaranya yang merupakan makanan khas suatu daerah. Dengan tambahan inovasi disana-sini serta promosi yang bagus membuat berbagai makanan tersebut laris manis di pasaran. Jika Anda berminat ingin mencoba berikan beberapa contohnya.

  1. Kue cubit dengan aneka topping

Makanan ini dulu sering dijumpai sebagai jajanan anak-anak sekolah dasar. Namun, makanan ini kembali digemari masyarakat Indonesia berkat penambahan topping yang menggugah selera. Jika dulu kue cubit hanya digemari oleh anak-anak maka saat ini orang dewasa juga menyukainya berkat variasi topping yang banyak mulai dari manis, asin hingga gurih.

  1. Klepon

Jajanan pasar seperti klepon belakangan ini mulai terkenal karena diolah menjadi berbagai bentuk seperti cake klepon dan cookies klepon. Dengan tampilan yang lebih modern dan menarik panganan ini bisa dinikmati dengan cara yang unik,. Bahkan, tidak jarang banyak yang mengunggah foto-fotonya di berbagai media sosial.

Baca juga : Bakso Terenak Di Indonesia, Dari Aceh Sampai Papua

  1. Cireng isi kekinian

Cireng merupakan jajanan khas Sunda yang biasanya ditemukan di pinggir jalan. Namun, saat ini sudah ada cireng dengan berbagai isian unik nan menggugah selera yang disukai oleh anak-anak muda. Salah satunya adalah cireng isi mozarella yang gurih, creamy dan memiliki tekstur mulur seperti mozzarella di pizza.

  1. Seblak

Makanan asal Jawa Barat ini semakin digemari seiring dengan meningkatnya tren makanan pedas. Jika dulu Anda hanya menemukan seblak dengan isian kerupuk basah dan bumbu-bumbunya maka saat ini Anda bisa menemukan lebih banyak variasi yang menggoda. Mulai dari seblak dengan campuran mi, tulang sapi, daging ayam, makaroni dan sebagainya.

  1. Martabak

Martabak mungkin bisa dikatakan sebagai pelopor tren jajanan kekinian di tanah air. Jika dulu topping martabak hanya itu-itu saja maka saat ini Anda bisa menemukan beraneka topping baik untuk martabak manis maupun martabak telur.

Baca juga : 8 Jenis Masakan Padang Paling Lezat dan Populer

Sebagai contoh, untuk martabak manis sekarang tersedia berbagai rasa yang tidak kalah dengan cake luar negeri seperti rasa red velvet, blueberry, selai coklat, cookies and cream serta masih banyak lagi. Sementara itu, untuk martabak telur sudah banyak variasi seperti mi pedas ala Korea, salmon, keju mozarella, daging asap dan sebagainya.

Kelima jajanan di atas merupakan sedikit contoh dari banyaknya jajanan kekinian di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri, kemunculan jajanan tradisional kekinian berkat perkembangan teknologi informasi yang semakin mudah diakses masyarakat. Oleh sebab itu, tren seperti ini sudah selayaknya Anda dukung agar lebih berkembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.