Ini Dia Keunikan Rumah Adat Bali

Bukan hanya tempat wisata dan tradisinya saja yang menjadi daya tarik dari Bali, ternyata rumah adat Bali pun menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun asing. Hal ini karena rumah adat Bali memiliki keunikan yang menarik perhatian wisatawan. Nah, apa saja keunikan rumah adat Bali?

Jika kamu ingin tahu keunikan dari rumah adat Bali, ayo, simak saja informasi yang ada di bawah ini. seperti yang dilansir oleh www.superadventure.co.id sebagai berikut :

10 Keunikan Rumah Adat Bali

  1. Angkul-angkul

Salah satu keunikan dari rumah adat bali adalah angkul-angkul. Angkul-angkul adalah sebuah bangunan yang bentuk gapura. Namun, berbeda dengan gapura pada umumnya, angkul-angkul ini adalah garupa yang memiliki atap. Nah, angkul-angkul ini berfungsi sebagai pintu gerbang.

  1. Aling-Aling

Selain angkul-angkul, keunikan lain dari rumah adat Bali adalah adanya aling-aling. Aling-aling disebut juga bangunan unik yang memberikan energi yang positif. Hal ini karena aling-aling dijadikan sebagai pembatas antara angkul-angkul dan tempat sembahyang atau ibadah.

  1. Bale Manten

Bale manten adalah bagian dari rumah adat Bali yang tentunya memiliki keunikan. Di mana keunikannya dilihat dari fungsinya itu sendiri. Dalam hal ini, Bale manten digunakan sebagai tempat yang diperuntukan untuk kepala keluarga maupun anak perempuan yang belum menikah agar kesuciannya tetap terjaga.

  1. Bale Dauh

Bale dauh juga tak kalah unik dengan yang lainnya. Di mana bale dauh adalah sebuah bangunan yang mana setiap rumah memiliki jumlah tiang yang berbeda. Kemudian, bale dauh ini digunakan sebagai tempat tidur remaja laki-laki dan tempat untuk menerima tamu.

  1. Bale Sepakat

Bale sepakat juga salah satu bangunan yang terdapat dalam rumah adat Bali. Keunikannya sendiri adalah adanya tiang sebagai penyangga, dan atapnya berbentuk pelana. Fungsi bale dauh yaitu tempat untuk kumpul keluarga.

Angkul-angkul yang digunakan sebagai pintu masuk rumah adat Bali

  1. Bale Gede

Bagian unik lainnya dari rumah adat Bali adalah Bale Gede. Di mana keunikannya adalah bale gede ini memiliki tiang yang berjumlah dua belas. Lalu, fungsinya adalah untuk menyajikan makanan khas Bali untuk upacara adat, serta untuk membuat patung.

  1. Klumpu Jineng

Klumpu jineng adalah bangunan dari rumah adat Bali yang memiliki desain unik. Di mana atap dan dinding luarnya tertutup jerami kering. Klumpu jineng ini berfungsi sebagai penyimpanan bahan makanan pokok.

  1. Pura Keluarga

Sesuai namanya, pura keluarga adalah bagian dari rumah adat Bali yang digunakan sebagai tempat ibadah keluarga.

  1. Pawaregen

Keunikan berikutnya dari rumah adat Bali adalah adanya Pawaregen. Pawaregen ini berfungsi sebagai dapur.

  1. Lumbung

Bangunan yang bernama lumbung ini adalah bagian dari rumah adat Bali yang bermaterial batu dan atap jerami. Lumbung ini biasanya digunakan sebagai tempat untuk menyimpan bahan pokok kering. Nah, untuk tempatnya, lumbung biasanya terpisah dari bangunan utama.

Nah, itulah sedikit informasi tentang keunikan rumah adat Bali. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.