8 Jenis-Jenis Kurma di Dunia Paling Populer

Kurma merupakan buah yang cukup terkenal di Indonesia, khususnya ketika memasuki bulan Ramadhan. Selain rasanya yang manis, kurma juga memiliki banyak manfaat yang bagus untuk tubuh.

Namun, sebenarnya ada banyak sekali jenis-jenis kurma di dunia. Masing-masing memiliki ciri khas sendiri-sendiri. Berikut ini adalah beberapa daftar kurma yang ada di dunia.

Beberapa Jenis Kurma di Dunia

  1. Kurma Barhi

Jenis kurma di dunia yang pertama adalah kurma Barhi. Kurma ini memiliki bentuk seperti silinder, berwarna kuning sawo ketika masih muda dan akan menjadi berwarna cokelat tua ketika sudah tua.

Kurma ini mempunyai tekstur yang lembut serta daging yang tebal. Jika dirasakan, sekilas rasa kurma Barhi hampir mirip dengan rasa karamel.

  1. Kurma Ajwa

Selanjutnya adalah kurma Ajwa. Kurma ini juga kerap disebut sebagai Kurma Nabi. Hal ini dikarenakan kurma Ajwa merupakan salah satu kurma favorit Nabi Muhammad SAW. Jenis kurma ini hanya tumbuh di wilayah Madinah, Arab Saudi saja. Ciri khas dari kurma ini adalah berwarna hitam, bertekstur lembut, tidak terlalu manis, dan rasanya mirip dengan kismis.

  1. Kurma Thoory

Kurma Thoory berasal dari Aljazair. Tekstur daging dari kurma ini memang agak keras. Akan tetapi, Anda bisa merasakan sensasi rasa kacang dengan dominasi warna yang manis pada kurma ini. Salah satu keunikan dari kurma Thoory adalah warnanya yang bisa berubah. Jika diawetkan, kurma ini akan berubah warna dari kecokelatan menjadi biru.

  1. Kurma Khidri

Jenis kurma yang berikutnya adalah kurma Khidri. Kurma ini cukup terkenal di kalangan para koki karena sering dibuat menjadi bahan olahan makanan. Biasanya para koki tersebut menggunakan kacang almond, cokelat, dan bahan lainnya sebagai isian kurma. Ciri dari kurma ini adalah berwarna maroon gelap dan kering serta mempunyai rasa yang tidak terlalu manis.

  1. Kurma Mozafati

Kurma Mozafati berasal dari negara Iran. Ciri dari kurma ini adalah warnanya yang gelap, dagingnya yang lembut, berukuran sedang, dan memiliki rasa yang manis. Kurma ini sangat disarankan untuk dimakan dalam kondisi segar. Hal ini karena kurma Mozafati tidak bersifat tahan lama. Hanya ketika disimpan pada suhu -5 derajat celcius saja kurma ini bisa bertahan hingga 2 tahun.

  1. Kurma Sekki

Keunikan dari kurma Sekki adalah memiliki dua warna, yakni kekuning-kuningan di bagian atas dan kecokelatan di bagian bawah. Bagian yang berwarna kuning memiliki tekstur yang lebih keras, sedangkan di bagian yang berwarna cokelat cenderung lebih empuk. Kurma ini mempunyai rasa manis sedang sehingga cocok untuk Anda yang tidak menyukai jenis kurma yang terlalu manis.

Baca juga : 7 Jenis-Jenis Cabe di Dunia yang Wajib Diketahui

  1. Kurma Date Crown

Kurma ini merupakan kurma dengan kualitas premium dari varietas Khalas. Ciri khas kurma yang berasal dari Uni Emirat Arab ini adalah bentuknya oval dan memiliki rasa manis dan lezat. Dagingnya yang begitu lembut akan membuat Anda merasakan perbedaan yang mencolok dibandingkan kurma lainnya.

  1. Kurma Palm Fruit

Jenis kurma yang terakhir adalah Kurma Palm Fruit. Anda mungkin tidak akan merasa asing dengan kurma yang satu ini karena sudah menjadi langganan di bulan puasa. Kurma yang berasal dari Tunisia ini dapat membersihkan perut dari berbagai bekas makanan sehingga fungsinya menjadi lebih maksimal. Untuk harga kurma ini bervariasi, mulai dari 45-300 ribu rupiah.

Demikian beberapa daftar kurma yang paling populer di dunia. Dari delapan jenis kurma tersebut, mana yang paling menarik perhatian Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.