5 Jenis-jenis Madu di Dunia Terbaik dan Paling Banyak Dicari, Lengkap Dengan Manfaatnya

Siapa tak kenal madu, salah satu hasil alam dibuat oleh lebah madu yang punya sejuta manfaat untuk kehidupan manusia. Tapi, memang tak semua jenis-jenis madu di dunia masuk kategori terbaik. Hanya beberapa yang diakui punya nilai lebih, mau tahu?

Ini 5 Jenis-jenis Madu di Dunia Terbaik , Wajib Coba!

Lima jenis madu berikut ini, dikenal sebagai yang terbaik di dunia. Bukan saja karena proses pembuatan dan keasliannya, juga kandungan hebatnya yang berbeda jika dibandingkan dengan madu jenis lainnya.

  • Madu Sidr (Arab Saudi)

Madu asal Arab Saudi ini, produksinya hanya dua kali setahun dari pohon yang dinamakan Sidr terletak di Pegunungan Hadramaut. Konon katanya, madu ini sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu dan dikenal karena khasiat dan cita rasanya yang beda dari madu lain.

Beberapa manfaat yang didapat jika mengkonsumsi madu ini adalah, daya tahan tubuh semakin baik, terhindar dari berbagai penyakit karena antioksidan tinggi yang dimiliki madu ini.

Proses alami dalam pembuatannya, juga menjadikan madu ini dijual dengan harga paling mahal jika dibandingkan madu lain. Ditambah pula konsumsi rutin dengan dosis tepatnya, tidak akan menyebabkan efek samping.

  • Madu Manuka (New Zealand)

Merupakan madu asli yang asalnya dari Negara Selandia Baru. Prosesnya melibatkan nektar dari bunga yang dinamakan Manuka, sebuah pohon jenis teh yang hanya ada di Negara tersebut.

Dari tekstur dan warna, madu ini sangat beda dari madu lain. Dimana warnanya lebih gelap dengan rasa yang manis bercampur pahit. Kenapa jadi yang terbaik? Karena kandungan di dalamnya sangat lengkap, bukan hanya zat-zat umum yang ada pada madu biasa tapi juga zat anti bakteri yang mampu sembuhkan banyak penyakit.

Anti bakteri hebat di dalam madu ini, juga membuat madu tahan lebih lama di berbagai suhu. Makanya jadi salah satu madu import yang paling dicari di dunia.

  • Madu Hymettus (Yunani)

Beda lagi dengan madu yang berasal dari Athena Yunani ini, dimana nektar yang digunakan untuk proses pembuatan madu adalah dari bunga thyme yang tumbuh disana. Hal ini membuat citarasa madu menjadi khas dan sangat enak, makanya dijadikan salah satu selain khas di Yunani sejak ribuan tahun lalu hingga sekarang.

Baca juga : Inilah 7 Jenis-Jenis Cabe di Dunia yang Wajib Diketahui

Beda lainnya dari madu ini adalah, sarang lebah madu penghasil madu Hymettus ini sangat tipis dengan bintik berwarna hitam pada bagian dalamnya. Hal inilah yang menjadi alasan madu ini jadi sangat kaya kandungan hebat.

  • Madu Beech Honeydew (New Zealand)

Madu ini tercipta dari proses alam dari lebah yang mengolah nektar pohon beech di New Zealand. Warnanya kehitaman dengan rasa malt yang sangat pekat. Jika dilihat dari komposisinya, madu ini punya banyak komponen hebat mulai dari vitamin, mineral, hingga gula penting yang membantu menjaga kesehatan tubuh.

Salah satu keunikan dari madu ini adalah teksturnya yang kental namun tidak akan mudah menjadi kristal seperti madu lain.

  • Madu Mad (Tiongkok)

Selain terbaik juga jadi yang paling langka, karena hanya ada di pegunungan Himalaya, diolah oleh lebah Khas Himalaya yang terkenal paling besar di dunia. Sering juga disebut madu merah, dengan berbagai manfaat hebat seperti halusinogen dan penyembuh penyakit.

Itulah penjelasan penting yang perlu Anda ketahui tentang jenis-jenis madu di dunia yang paling bagus dan banyak dicari. Manfaatnya juga tak bisa dipandang sebelah mata, jadi tidak salah jika Anda menjadikannya pilihan untuk menjaga kesehatan tubuh jangka panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.