3 Jenis Kuliner Ayam yang Khas dan Paling Dicari

Menu masakan ayam sudah menjadi hal yang biasa bagi semua orang, namun ada beberapa jenis kuliner ayam yang paling dicari karena bumbunya. Ada beberapa kota di Indonesia yang sangat terkenal karena menu ayamnya yang rasanya sangat lezat dan berbeda cara mengolahnya.

4 Jenis Ayam Berdasarkan Jenis Masakan

Dalam dunia kuliner ternyata tidak semua ayam cocok untuk digunakan dalam berbagai masakan. Ada beberapa jenis yang lebih enak atau lebih cocok digoreng, ada yang direbus dan ada yang dikukus. Berikut jenis ayam berdasarkan cara memasaknya :

  1. Ayam Jenis Broiler

Ayam jenis ini adalah ayam pedaging yang umum dijual di pasar atau supermarket. Ayam ini memiliki berat 900 gr hingga 2,5 kg. Ayam ini cocok untuk jenis masakan rumah tangga pada umumnya.

Harganya cenderung lebih murah karena ayam jenis ini sangat banyak tersedia dan mudah dalam perawatan. Waktu untuk pemeliharaan hingga panen relatif singkat yaitu 1 bulan sehingga ini juga menjadi salah satu faktor harganya yang tidak terlalu mahal.

  1. Ayam Jenis Kampung

Ayam ini memiliki ciri khas kaki ada bercak hitam dan bisa kita lihat di sekitaran kampung. Untuk memelihara ayam ini ada 2 cara yaitu secara bebas dan di dalam kandang. Jika ayam kampung ini berkeliaran secara bebas biasanya akan lebih berisi dan berotot sehingga teksturnya akan lebih keras.

Namun ayam jenis ini dinilai ayam dengan daging terbaik karena makanan yang ayam ini makan adalah sisa makanan rumahan. Jika ayam kampung yang di dalam kandang hanya diternak selama 5 bulan maksimal. Biasanya ayam kampung yang dipelihara secara khusus beratnya tidak mencapai 1 kg. Ayam kampung cocok untuk usaha kuliner ayam goreng karena teksturnya yang kenyal.

Baca juga : Mengenal Setiap Jenis Masakan Ayam Paling Terkenal dan Nikmati di Indonesia

  1. Ayam Petelur

Ayam jenis ini sangat cocok untuk usaha masakan berkuah seperti sop, soto dan menu berkuah lainnya karena tekstur dagingnya lembut. Ayam ini beratnya dapat mencapai 5 kg namun biasanya ayam ini disembelih saat berusia 12 bulan karena pada usia 12 bulan ayam petelur sudah tidak menghasilkan telur lagi.

5. 3 Jenis Kuliner Ayam Yang Khas dan Paling Dicarii

3 Jenis Olahan Ayam yang Paling Dicari

Meskipun ayam mudah diolah, namun tidak semua orang dapat mengolah ayam dengan bumbu yang tepat dan nikmat. Ada beberapa daerah yang memiliki jenis olahan ayam yang paling dicari berikut ini informasinya :

  1. Ayam Bumbu Rujak Khas Jawa Timur

Tidak semua tempat menyediakan ayam bumbu rujak khas Jawa Timur yang lezat. Oleh karena itu jika para foodies pergi ke Jawa Timur jangan lupa untuk menikmati ayam bumbu rujak khas Jawa Timur yang pastinya pedas manis dan gurih.

  1. Garang Asem Ayam Khas Jawa Tengah

Di Jawa Tengah ada olahan ayam yang sangat gurih dan menggugah selera yaitu ayam garang asem. Disebut garang asem karena ayam ini diolah dengan menggunakan buah belimbing wuluh yang terkenal garang atau kuat rasa asamnya.

Perpaduan asam dan gurihnya santan dapat berpadu sempurna sehingga ayam terasa nikmat untuk disantap. Itulah yang menjadi ciri khas ayam olahan khas Jawa Tengah ini.

  1. Ayam Betutu Khas Pulau Bali

Ayam betutu adalah olahan ayam khas bali yang menggunakan bumbu khas bali yaitu base genep dan ayam dilapisi daun pinang saat memasaknya. Ayam betutu memiliki cita rasa yang khas yang sulit untuk ditiru. Karena itu jika sedang berada di bali, jangan lupa untuk menikmati ayam betutu.

Itulah tadi informasi mengenai kuliner ayam yang paling dicari foodies. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah referensi untuk tujuan kuliner kita semua. Selamat jalan-jalan dan selamat menikmati sajian kuliner khas daerah setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.