8 Jenis Masakan Sunda Terlezat yang Membuat Perut Lapar

Selain kekayaan budayanya, Indonesia juga memiliki kekayaan kuliner yang tidak ada habisnya. Salah satu masakan yang wajib untuk dicoba adalah kuliner khas Sunda. Berbagai jenis masakan Sunda memiliki karakter yang sangat khas dan tidak mungkin dapat ditemui di daerah lainnya. Lalu, apa saja masakan tersebut? Simak pembahasan ini.

Masakan Khas Sunda yang Wajib Dicoba

  1. Karedok

Bagi yang baru pertama kali melihat mungkin tidak bisa membedakan antara karedok dengan gado-gado atau lotek. Karedok merupakan salah satu makanan khas dari Sunda yang disajikan dengan sayuran yang masih mentah. Yang membedakan karedok dengan dua makanan di atas adalah adanya siraman bumbu kacang yang cukup melimpah. Biasanya makanan ini dihidangkan dengan tambahan kerupuk bawang.

  1. Tahu Gejrot

Makanan yang sudah bisa ditemui dengan mudah di berbagai tempat ini ternyata merupakan salah satu makanan khas dari Sunda, tepatnya dari Cirebon. Biasanya tahu gejrot dihidangkan dengan kuah pedas. Pembeli bisa meminta berapa cabai yang digunakan. Untuk jenis tahunya, tahu gejrot memiliki isi yang agak kosong dan bertujuan agar bumbu dapat meresap dengan lebih cepat.

Baca juga : Nama-Nama Makanan Khas Jawa Barat yang Wajib Dicoba

  1. Combro

Nama combro berasal dari singkatan “oncom di jero” yang berarti oncom berada di dalam. Makanan ini menggunakan bahan dominan singkong. Sesuai namanya, combro memiliki sambal oncom yang terdapat di dalamnya. Combro dibuat menggunakan bahan bawang putih, bawang merah, cabe merah, dan cabe rawit sehingga rasanya akan sedikit pedas dengan sedikit nuansa manis.

  1. Bapatong

Seperti combro, nama bapatong juga merupakan sebuah singkatan. Bapatong adalah singkatan dari “bakso ketupat gentong”. Meski bernama bakso, namun hidangan ini tidak hanya menyajikan bakso saja. Terdapat ketupat yang sudah dipotong dadu dan dilengkapi iga sapi yang sangat lezat. Berbeda dengan bakso pada umumnya yang memakai kuah bening, bapatong memakai kuah kaldu sapi dengan tambahan pangsit dan mie kering.

  1. Peyeum

Makanan khas Sunda yang satu ini kerap disamakan dengan tape singkong karena sama-sama merupakan hasil dari fermentasi. Namun, yang membedakan dari tape singkong adalah sifatnya yang tidak terlalu berair sehingga memiliki ketahanan yang lebih lama. Biasanya peyeum sering dijajakan di tempat wisata untuk dijadikan oleh-oleh.

  1. Kadedemes

Mungkin masih cukup banyak yang belum tahu tentang makanan yang satu ini. Di dalam bahasa Sunda, “kadedemes” memiliki arti merasa sayang kepada barang yang sudah tidak bermanfaat lagi. Jadi, makanan ini terbuat dari kulit singkong yang notabene sudah tidak digunakan lagi. Kulit singkong ini ditumis dengan cabe merah, bawang putih, tomat, kemiri, dan cabai hijau.

  1. Sate Maranggi

Siapa yang tidak tahu dengan sate Maranggi? Makanan khas Sunda ini memakai daging ayam atau sapi sebagai bahan utamanya. Sate Maranggi memiliki asal-usul yang menarik. Sate ini awalnya merupakan makanan dari pendatang dari China dan menetap di Indonesia. Karena daging direndam terlebih dahulu pada bumbu sebelum dibakar, rasa yang dihasilkan menjadi sangat kuat.

Baca juga : Mengenal Setiap Jenis Masakan Ayam Paling Terkenal dan Nikmati di Indonesia

  1. Empal Gentong

Mungkin sebagian besar sudah tahu makanan yang satu ini. Makanan ini kerap disajikan di acara pesta pernikahan di berbagai daerah. Empal gentong dimasak menggunakan gentong dan kayu bakar. Bahan utama masakan ini adalah usus, babat sapi, dan daging. Biasanya empal gentong disajikan dengan lontong atau nasi.

Jadi, dari sekian banyak masakan khas Sunda di atas, mana yang paling ingin Anda coba? Yang jelas semua itu tidak boleh Anda lewatkan, apalagi jika sedang berada di lokasi aslinya karena rasanya akan lebih autentik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.