Jenis Rempah-Rempah di Indonesia yang Khas Beserta Fungsinya

Indonesia merupakan sebuah negara yang kaya akan rempah-rempah untuk memasak. Oleh karena banyaknya rempah-rempah yang digunakan, masakan Indonesia kaya akan cita rasa. Selain untuk membuat masakan, jenis rempah-rempah di Indonesia juga dapat menjadi sebuah identitas di tiap daerah masing-masing.

Berbagai Jenis Rempah Khas Daerah di Indonesia

Jika mengaku orang Indonesia, kita harus mengetahui berbagai jenis rempah khas tiap daerah di Indonesia. Namun jika belum mengetahui, berikut ini ada informasinya mengenai berbagai jenis rempah-rempah di Indonesia berdasarkan daerahnya :

  1. Tumbuhan Ruku-Ruku

Salah satu rempah dari daun bernama ruku-ruku ini merupakan rempah khas daerah pulau Sumatera. Di Sumatera tepatnya adalah di bagian barat dari pulau Sumatera atau yang lebih dikenal dengan Sumatera Barat.

Di sini ruku-ruku menjadi rempah khas yang selalu diolah untuk memasak makanan seperti salah satunya yaitu gulai ikan khas Padang. Gulai di Padang dengan di daerah lainnya tentu berbeda rasanya karena penggunaan rempah untuk memasak juga berbeda.

Untuk gurih, asam, asin dan rasa lainnya boleh sama, tetapi untuk aroma khas setiap daerah dijamin akan tetap berbeda. Di daerah lain tidak ada yang menggunakan ruku-ruku untuk memasak, hanya khusus di Padang, Sumatera Barat yang menggunakan rempah ini.

  1. Tumbuhan Andaliman

Rempah berikutnya yang tak kalah khasnya masih dari Pulau Sumatera yaitu suku Batak. Orang batak terkenal dengan masakan arsik dan saksang yang nikmat dan tidak berbau. Cita rasa khasnya mirip seperti lada, namun andaliman lebih dikenal dengan sebutan lada batak. Rempah ini juga yang menyebabkan makanan batak mudah dikenali dengan ciri khas rasanya.

Baca juga : Nama-Nama Makanan Khas Jawa Barat yang Wajib Dicoba

  1. Tumbuhan Lokio

Tumbuhan yang satu ini mirip seperti daun bawang, namun memiliki cita rasa yang khas. Rempah ini digunakan oleh masyarakat Batak untuk memasak sayuran sebagai campuran.

  1. Daun Gedi

Daun ini berasal dari daerah Sulawesi Utara dan memiliki cita rasa yang unik jika dicampurkan dengan Bubur Manado atau tumisan sayuran. Bentuknya hampir mirip seperti tumbuhan singkong atau ketela.

  1. Daun Tawaoloho

Rempah ini berasal dari daerah Kendari dan memiliki cita rasa khas asam. Biasanya penggunaan daun ini adalah untuk memasak ayam tawaoloho. Rasa ayam ini gurih dan kuahnya bening mirip seperti sup tapi cita rasanya berbeda dari sup pada umumnya.

Rempah di Indonesia yang Digunakan Sebagai Bumbu dan Obat

Kita sebagai warga negara Indonesia patut berbangga karena kita memiliki berbagai macam rempah yang memiliki fungsi ganda. Berikut rempah di Indonesia yang dapat digunakan untuk memasak sebagai bumbu masakan dan obat :

  1. Jahe

Siapa yang tidak tahu mengenai tanaman jahe? Semua orang pasti tahu bahwa jahe merupakan salah satu rempah yang multiguna. Tanaman ini dapat digunakan sebagai bumbu makanan tambahan yang dapat memberikan cita rasa pedas hangat.

Selain sebagai bumbu, ternyata jahe juga sangat disukai saat dihidangkan sebagai minuman. Ternyata jika dinikmati sebagai minuman, jahe dapat mengobati masuk angin dan juga flu. Selain itu efek hangat dapat meredakan batuk dan gatal tenggorokan.

  1. Kunyit

Kunyit dapat dijadikan sebagai jamu selain fungsinya sebagai bumbu tambahan untuk menghilangkan bau amis. Jika kita menikmati makanan seperti opor ayam, maka warna kuning tersebut berasal dari kunyit. Jika kita menjadikan rempah ini sebagai jamu, maka dapat berfungsi untuk penambah nafsu makan dan menjaga daya tahan tubuh.

Baca juga : 8 Makanan Khas Jawa Tengah yang Tidak Boleh Dilewatkan

  1. Sereh

Sereh merupakan salah satu rempah yang digunakan untuk memasak daging dan memiliki aroma yang khas. Dengan menggunakan rempah ini, masakan daging tidak berbau anyir. Kemudian rempah ini juga dapat dihidangkan sebagai minuman kesehatan karena memiliki kandungan anti inflamasi. Cocok untuk yang sedang capek-capek dan memiliki penyakit lambung.

Itulah informasi mengenai jenis rempah-rempah di Indonesia yang dapat membuat kita bangga karena rempah yang kita miliki memiliki banyak kegunaan. Semoga kekayaan alam ini dapat terus kita jaga hingga anak cucu kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.