8 Makanan Khas Jawa Tengah yang Tidak Boleh Dilewatkan

Jawa Tengah terkenal sebagai salah satu tempat yang memiliki banyak sekali makanan khas yang menggoda dan sangat lezat. Oleh karena itu, ketika sedang berkunjung ke Jawa Tengah, sangat disayangkan jika tidak mencicipi beberapa makanan khas Jawa Tengah tersebut. Lalu, apa saja makanan tersebut? Untuk lebih lengkapnya, perhatikan ulasan berikut ini.

Makanan-Makanan Khas dari Jawa Tengah

  1. Mie ongklok

Sepertinya sangat disayangkan ketika berkunjung ke Jawa Tengah namun tidak sempat mencicipi mie ongklok. Mie ongklok memang sudah cukup populer di kalangan wisatawan, baik itu lokal maupun manca negara karena kelezatannya yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Makanan ini berupa mie rebus yang diracik dengan bahan-bahan seperti kol dan daun kucai.

Untuk bagian kuahnya, mie ini menggunakan kanji. Hasilnya kuah mie ongklok akan terlihat kental jika dibandingkan dengan kuah mie biasanya. Mie ongklok akan semakin lezat jika dimakan bersama dengan sate sapi, keripik tahu, dan juga tempe kemul. Lalu, kenapa nama makanan ini disebut mie ongklok? Alasannya adalah karena pembuatannya menggunakan ongklok, yakni seperti keranjang kecil yang dibuat dari anyaman bambu.

  1. Tahu petis

Tahu petis adalah salah satu camilan yang sangat lezat yang berasal dari Jawa Tengah. Sesuai namanya, tahu petis terbuat dari tahu yang dilengkapi dengan petis. Petis merupakan sejenis saus hitam dengan rasa yang khas. Bahan pembuatan petis adalah udang yang dimasak terus-menerus dan menjadi kental. Selain itu, bahan ini juga kadang terbuat dari rebusan ikan.

  1. Nasi gandul

Makanan dari Jawa Tengah berikutnya adalah nasi gandul. Nasi gandul memang sering disebut dengan istilah nasi uduk karena cara penyajiannya yang menggunakan daun pisang. Rasa dari nasi gandul sangat unik, gurih, dan lezat, sangat cocok untuk dijadikan menu sarapan pagi. Adanya tambahan daun pandan membuat nasi ini memiliki aroma yang sangat kuat dan menggugah selera.

  1. Tempe mendoan

Tempe goreng memang bisa ditemui di berbagai tempat karena bahan pembuatannya adalah tempe yang notabene terdapat di hampir seluruh wilayah Indonesia. Namun, yang membedakan tempe mendoan berbeda dari tempe goreng lainnya adalah dari cara memasaknya. Tempe mendoan dimasak dengan minyak panas yang banyak dan cepat. Inilah yang menyebabkan tempenya menjadi tidak terlalu matang. Meski begitu, justru rasa yang dihasilkan malah sangat lezat.

Baca juga : Nama-Nama Makanan Khas Jawa Barat yang Wajib Dicoba

  1. Brekecek

Jika sedang berkunjung ke Jawa Tengah, jangan sampai melewatkan makanan yang satu ini. Brekecek dibuat menggunakan bahan ikan jahan atau ikan pathak. Namun, ada juga beberapa yang memasak brekecek dengan menggunakan bahan kepala ikan laut yang disebut basur atau menthok.

Brekecek terdiri atas dua suku kata, yaitu brek dan kecek. Brek memiliki arti dijatuhkan atau diletakkan, sedangkan kecek berarti dicekek atau dicampurkan dengan bumbu. Makanan ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat karena rasanya yang lezat dan dapat membuat ketagihan.

  1. Mangut beong

Sesuai namanya, mangut beong terbuat dari bahan ikan beong. Mungkin kebanyakan orang masih merasa asing dengan nama ikan beong. Ikan ini berbentuk seperti ikan lele. Daging dari ikan ini cukup lembut dan juga padat sehingga sangat cocok untuk dimasak. Teksturnya yang sangat khas pasti akan menambah pengalaman baru bagi para pecinta kuliner yang belum pernah mencicipinya.

  1. Lumpia Semarang

Salah satu sebutan dari Semarang adalah kota lumpia. Tak heran karena lumpia yang berasal dari Semarang memiliki cita rasa yang sangat khas dan lezat. Makanan ini terbuat dari tepung yang dibentuk menjadi kulit. Kemudian, kulit tersebut diisi dengan berbagai isian seperti udang, sayuran, telur, ayam, dan lain-lain. Agar lebih lengkap, ketika memakan lumpia sebaiknya jangan lupa untuk menggunakan cabai rawit.

  1. Telur asin

Makanan yang terakhir adalah telur asin. Jika Anda sedang melakukan perjalanan di kota Brebes, pasti Anda akan sering bertemu dengan penjual telur asin. Brebes memang menjadi tempat penghasil telur asin terbesar di wilayah Jawa Tengah. Jadi, kurang lengkap jika saat berkunjung ke tempat ini tidak membeli telur asin yang khas.

Itulah beberapa makanan khas yang berasal dari Jawa Tengah. Masih banyak makanan yang belum disebutkan, bahkan mungkin belum terekspos dan berpotensi populer seperti makanan yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.