Nama-Nama Makanan Khas Jawa Barat yang Wajib Dicoba

Bukan hanya kebudayaannya saja, Jawa Barat juga terkenal akan makannya yang unik dan khas. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa Jawa Barat adalah salah satu pusat kuliner yang ada di Indonesia. Lalu apa saja makanan khas dari Jawa Barat? Berikut ini adalah daftar nama makanan Jawa Barat. Jika Anda belum sempat mencicipinya, segeralah datang dan mencobanya untuk menambah pengalaman baru.

Makanan Khas dari Jawa Barat

  1. Nasi jamblang

Makanan khas dari Jawa Barat berikutnya adalah nasi jamblang. Nasi jamblang biasa disajikan dengan menggunakan daun jati. Pada awalnya, nasi jamblang hanya disajikan bersama tempe dan sayur saja. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman, nasi jamblang kini sudah terdapat hingga 40 lauk yang dapat dipilih sesuai dengan selera masing-masing.

  1. Lepet Kuningan

Lepet kerap disajikan pada saat-saat tertentu saja seperti hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Berbeda dengan lepet dari daerah lain, lepet kuningan memiliki warna yang kecokelatan. Lepet kuningan terbuat dari bahan ketan putih yang kemudian dibungkus menggunakan daun kelapa dan diisi dengan kacang. Mengenai rasa, lepet kuningan sekilas masih mirip dengan lepet dari daerah lain.

  1. Karedok

Siapa yang tidak kenal dengan masakan yang satu ini? Makanan yang terbuat dari bahan sayuran segar dengan bumbu kacang yang disiram di atasnya ini mampu menggugah selera siapapun yang melihatnya. Sepintas makanan ini mirip dengan pecel atau gado-gado. Yang membedakan adalah jika karedok menggunakan sayuran yang masih mentah.

Beberapa sayuran yang sering digunakan untuk membuat karedok adalah kacang panjang, daun kemangi, terong, kol, dan tauge. Semua bahan tersebut dipotong kecil dan disajikan dalam keadaan masih mentah. Meski begitu, adanya siraman dari bumbu kacang akan membuat rasanya tetap sedap. Makanan ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai sayuran.

  1. Dorokdok

Dorokdok adalah makanan yang berasal dari Garut. Memang ketika mendengar kata Garut, makanan yang akan terlintas di pikiran adalah dodol. Namun, ternyata selain dodol, ada satu lagi makanan yang wajib dicicipi ketika berkunjung ke kota ini. Dorokdok terbuat dari bahan kulit sapi atau kerbau.

Alasan dinamakan dorokdok adalah karena ketika memakan makanan tersebut, akan muncul bunyi dorok dok dorok dok karena adanya kerupuk renyah dengan bentuk memanjang. Satu hal yang membuat makanan ini menjadi unik adalah bahan yang bisa turut mempengaruhi rasa yang dihasilkan. Sebagai contoh, ketika dorokdok dibuat dengan kulit sapi, maka rasa yang didapat adalah renyah, sedangkan jika menggunakan kulit kerbau rasanya akan cenderung manis.

Baca juga : 8 Makanan Khas Jawa Tengah yang Tidak Boleh Dilewatkan

  1. Chocodot

Mungkin pertama kali melihat namanya Anda akan merasa sedikit asing. Namun, nama chocodot ini ternyata gabungan antara cokelat dan dodol. Ada cerita menarik dibalik munculnya makanan ini. Dikatakan bahwa chocodot ditemukan ketika di suatu saat, pembuat secara tidak sengaja menjatuhkan dodol ke cokelat. Ketika dia mencicipi rasanya ternyata sangat enak dan jadilah chocodot.

Bentuk dari chocodot hampir mirip dengan bakpau. Akan tetapi, ukurannya lebih kecil dan varian rasanya lebih beragam. Oleh karena itulah, makanan ini sangat digandrungi oleh para anak muda karena cokelat memang sangat erat dengan anak muda.

  1. Asinan Bogor

Makanan berikutnya berasal dari daerah Bogor. Dia adalah asinan Bogor. Ciri khas dari asinan Bogor adalah terbuat dari kuah cabai merah yang menciptakan warna merah dan rasa yang pedas. Dalam satu porsi asinan Bogor biasanya akan ditambahkan dengan potongan buah dan sayur. Ada tiga varian dari makanan ini, yakni asinan sayuran, asinan buah, dan asinan buah dan sayuran.

  1. Empal gentong

Makanan dari Jawa Barat yang terakhir adalah empal gentong. Mungkin beberapa orang sudah tidak asing lagi dengan makanan ini karena sering disajikan di acara pernikahan. Makanan ini disajikan dengan cara memasukkan berbagai macam daging ke dalam sebuah gentong dan akan dimasak selama beberapa saat. Oleh sebab itulah makanan ini disebut empal gentong.

Sebenarnya masih ada banyak sekali makanan yang berasal dari Jawa Barat. Dari daftar di atas, mana yang menjadi makanan favorit Anda?